Sabtu, 04 Desember 2010

4 Pemain SFC Sumbang 5 Gol Timnas



Sriwijaya Post - Sabtu, 4 Desember 2010 21:44 WIB

JAKARTA - Usai mengganyang Malaysia 5-1, Timnas Indonesia pesta 6 gol tanpa balas ke gawang Laos pada laga penyisihan Grup A Piala AFF di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (4/12). Lima gol dicetak empat pemain yang memperkuat klub Sriwijaya FC.

Firman Utina mengawali pesta gol menit 27 melalui titik putih dan kembali mencetak gol pada menit ke-49. Kemudian sepakan M Ridwan (35), Arif Suyono (74), dan Oktavianus Maniani (80). Satu gol lagi dilesakkan Irfan Bachdim menit 61.

Kemenangan ini menempatkan Indonesia di puncak klasemen sementara dengan raihan 6 poin, sekaligus menyegel tiket ke semifinal, meskipun masih menyisakan satu laga melawan Thailand, Selasa (7/12) nanti. Duel tersebut tak lagi memengaruhi langkah Indonesia ke babak empat besar, untuk bertemu runner-up Grup B antara Vietnam, Filipina, Singapura, atau Myanmar.

Dua kesuksesan Indonesia ini tentu saja prestasi yang sangat menjanjikan dan patut diapresiasi seluruh pecinta sepak bola di Tanah Air. Luar biasa, dalam dua pertandingan Firman Utina dan kawan-kawan berhasil mendulang 11 gol dan hanya kebobolan 1 kali. Sebuah hasil yang menunjukkan, pasukan "Garuda" sedang lapar gol dan siap mencakar siapa pun lawannya.

Kemenangan telak atas Laos ini juga menjadi ajang balas dendam yang sempurna. Kekalahan 0-2 dari negara tersebut di arena SEA Games Laos 2009, bisa dibayar dengan enam gol di Stadion Gelora Bung Karno.

Bertanding di hadapan puluhan ribu pendukungnya, Merah Putih langsung tampil agresif. Bahkan belum genap 10 menit, Mohammad Ridwan tercatat dua kali mengancam gawang Laos. Sayang belum berbuah gol karena tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti membentur tubuh pemain Laos.

Serangan bergelombang Merah Putih hampir ternoda pada menit 10. Tendangan jarak jauh gelandang Kaysone Soukhavong hampir menjebol gawang Indonesia yang dikawal Markus Horison. Beruntung, bola masih membentur mistar gawang.

Penalti untuk Indonesia! Cristian Gonzales dijatuhkan bek Laos Saynakhonevieng Phommpanya di dalam kotak penalti ketika memggiring bola. Firman Utina yang maju sebagai algojo sukses mengelabui kiper Sengphachan Bounthisanh. Indonesia memimpin 1-0 atas Laos.

Menit 33, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan jadi 2-0. Berawal dari blunder pertahanan Laos, Ridwan berhasil mencuri bola dan merangsek ke kotak penalti Laos.

Ridwan terjatuh kakinya dipegang kiper, tapi sempat menyepak bola yang membentur bek Laos dan meluncur ke gawang sendiri. Skor 2-0 buat keunggulan Indonesia ini bertahan hingga turun minum.


Indonesia memulai babak kedua dengan baik, dan tepat pada menit 49 'Garuda' kembali membobol jala Laos. Kembali Firman yang menjadi pencetak golnya.

Gol tersebut diawali oleh operan satu-dua dengan Ridwan di luar kotak penalti. Begitu kembali menerima bola, Firman melepaskan sepakan kaki kanan ke tiang jauh. Indonesia unggul 3-0.

Keunggulan Indonesia bertambah besar menjadi 4-0 di menit 61 dan yang menjadi pendulangnya adalah Irfan Bachdim. Ini adalah gol keduanya dalam turnamen ini.

Penyerang naturalisasi ini berhasil memanfaatkan umpan Christian Gonzales sebelum akhirnya mampu mengubah kedudukan menjadi 4-0 buat keunggulan Indonesia.

Arif Suyono yang datang sebagai pemain pengganti kembali membuktikan kelasnya sebagai pemain supersub. Pada menit 76, Arif berhasil menyambar bola muntah hasil tembakan Hamka Hamzah. 5-0 buat keunggulan Merah Putih.

Dan pesta gol Indonesia ditutup dengan gol winger lincah Oktovianus Maniani pada menit 80. Putra Papua ini berhasil memanfaatkan umpan Bambang Pamungkas sebelum akhirnya menjebol gawang Laos.

Indonesia terus memburu gol. Namun hingga pertandingan usai skor 6-0 buat keunggulan Merah Putih tak berubah. Thailand yang kemarin main imbang 0-0 dengan Malaysia akan menjadi ujian terakhir Indonesia di penyisihan grup pada Selasa 7 Desember mendatang.

Susunan Pemain
Indonesia: Markus Harison; Mohammad Nasuha, Zulkifli Syukur (Beny Wahyudi, 74'), Maman Abdurahman, Hamka Hamzah; Oktovianus Maniani, Firman Utina; Ahmad Bustomi, Muhamad Ridwan (Arif Suyono, 70') ; Cristian Gonzales (Bambang Pamungkas, 67'), Irfan Bachdim

Laos: Sengphachan Bounthisanh; Saynakhonevieng Phommpanya, Kitsada, Ketsada Souksavanh, Khamla Pinkeo (Soukhaphone, 54'); Lamnao Singto, Keoviengphet Lithideth, Kaysone Soukhavong, Konekham Inthammavong; Soukaphone Vongchiengkham (Kovanh, 54'), Khampheng Sayavutthi (Visay, 64')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar